• Sen. Jun 24th, 2024

Holodomor di Ukraina

ByWangseo

Mei 31, 2024

jalurofstrong34.com – Holodomor di Ukraina adalah tragedi kelaparan buatan manusia yang terjadi di Ukraina antara tahun 1932 dan 1933, selama periode kolektivisasi pertanian yang di pimpin oleh rezim Soviet di bawah kepemimpinan Joseph Stalin. Berikut adalah beberapa informasi lebih lanjut tentang Holodomor di Ukraina :

  1. Penyebab:

    1. Holodomor terjadi sebagai akibat dari kebijakan kolektivisasi pertanian yang di berlakukan oleh pemerintah Soviet. Kebijakan ini mencakup konfiskasi sumber daya pertanian, penghancuran alat-alat produksi tradisional, dan penghapusan hak milik pribadi atas tanah. Hal ini mengakibatkan penurunan produksi makanan dan kelaparan massal di Ukraina. Baca Juga Berita Masa Kini
  2. Kelaparan dan Kematian Massal:

    1. Di perkirakan bahwa jutaan orang Ukraina meninggal karena kelaparan selama Holodomor. Banyak di antara mereka yang mati karena kelaparan atau penyakit terkait kelaparan seperti kolera, tifus, dan tuberkulosis. Banyak juga yang mengalami kekurangan gizi parah.
  3. Kontroversi Pengakuan:

    1. Meskipun banyak negara dan sejarawan mengakui Holodomor sebagai genosida atau tragedi kelaparan yang di sengaja oleh pemerintah Soviet, pemerintah Rusia dan beberapa negara lainnya menolak untuk mengakui peristiwa ini sebagai genosida, mengklaim bahwa kelaparan tersebut adalah akibat dari kebijakan ekonomi yang gagal daripada upaya genosida yang disengaja.
  4. Dampak Budaya dan Sosial:

    1. Holodomor tidak hanya mengakibatkan kematian massal, tetapi juga meninggalkan dampak yang berkepanjangan pada masyarakat dan budaya Ukraina. Trauma dari kelaparan dan kehilangan yang dialami oleh generasi yang selamat terus dirasakan dalam sejarah dan budaya Ukraina hingga saat ini.
  5. Pengakuan Internasional:

    1. Sejumlah negara dan lembaga internasional telah mengakui Holodomor sebagai genosida. Pada tahun 2006, Parlemen Ukraina mengesahkan undang-undang yang secara resmi mengakui Holodomor sebagai genosida terhadap bangsa Ukraina oleh rezim Soviet, dan beberapa negara lainnya telah mengikuti langkah serupa.

By Wangseo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *