• Ming. Apr 14th, 2024

Teknologi Penerbangan Supersonik

ByWangseo

Apr 3, 2024

jalurofstrong34.com – Teknologi penerbangan supersonik mengacu pada teknologi yang memungkinkan pesawat terbang melebihi kecepatan suara, atau Mach 1 (sekitar 343 meter per detik atau 1.235 kilometer per jam). Berikut beberapa perkembangan menarik terkait dengan teknologi penerbangan supersonik:

  1. Penerbangan Concorde:

    Concorde adalah pesawat komersial supersonik yang di operasikan oleh British Airways dan Air France dari tahun 1976 hingga 2003. Concorde mampu terbang pada kecepatan Mach 2, lebih dari dua kali kecepatan suara. Meskipun layanan Concorde telah di hentikan, pesawat ini tetap menjadi simbol dari teknologi penerbangan supersonik. Baca Juga Sejarah Dunia

  2. Riset Teknologi Penerbangan Supersonik Baru:

    Berbagai badan antariksa dan perusahaan penerbangan sedang melakukan riset dan pengembangan untuk menciptakan pesawat supersonik generasi baru yang lebih efisien, ramah lingkungan, dan ekonomis. Salah satu proyek paling menonjol adalah NASA X-59 Quiet Supersonic Technology (QueSST), yang bertujuan untuk mengembangkan pesawat supersonik yang mengurangi kebisingan sonic boom. Baca Juga Beragam Olahraga

  3. Efek Sonic Boom:

    Salah satu tantangan utama dalam penerbangan supersonik adalah efek sonic boom, yang terjadi ketika pesawat melewati kecepatan suara dan menciptakan gelombang kejut yang terdengar seperti ledakan. Teknologi penerbangan supersonik baru sedang dikembangkan untuk mengurangi efek sonic boom, memungkinkan penerbangan supersonik lebih nyaman dan dapat diterima secara komersial.

  4. Pesawat Swasta:

    Beberapa perusahaan swasta, termasuk Boom Supersonic dan Aerion Supersonic, sedang mengembangkan pesawat supersonik komersial generasi baru. Pesawat-pesawat ini diharapkan dapat mengurangi biaya perjalanan dan memperpendek waktu penerbangan antar benua.

  5. Regulasi dan Sertifikasi:

    Pengembangan pesawat supersonik baru juga melibatkan tantangan terkait dengan regulasi dan sertifikasi. Badan penerbangan sipil dan lembaga pengaturan penerbangan lainnya sedang mempertimbangkan persyaratan keselamatan dan lingkungan yang ketat untuk pesawat supersonik baru.

  6. Dampak Lingkungan:

    Meskipun pesawat supersonik dapat menjadi pilihan perjalanan yang cepat dan efisien, ada juga kekhawatiran tentang dampak lingkungan mereka. Pesawat supersonik konvensional menggunakan bahan bakar jet yang menghasilkan emisi gas rumah kaca dan polusi udara. Oleh karena itu, pengembangan teknologi penerbangan supersonik yang ramah lingkungan menjadi fokus utama dalam proyek-proyek baru.

Terus berkembang dan menawarkan potensi untuk merevolusi industri penerbangan dengan mempercepat perjalanan udara antar benua. Namun, tantangan terkait dengan efek sonic boom, regulasi, dan dampak lingkungan tetap menjadi fokus bagi pengembang pesawat supersonik baru.

By Wangseo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *