• Ming. Jul 14th, 2024

Perbedaan Cara Berpikir Sinkronis dan Diakronis

ByWangseo

Feb 29, 2024

jalurofstrong34.com – Perbedaan Cara Berpikir Sinkronis dan Diakronis adalah dua pendekatan yang berbeda dalam memahami dan menganalisis fenomena dalam studi budaya, linguistik, sejarah, dan ilmu sosial lainnya. Berikut adalah Perbedaan Cara Berpikir Sinkronis dan Diakronis :

  1. Sinkronis:

    • Definisi: Pendekatan sinkronis berfokus pada pemahaman fenomena pada suatu titik waktu tertentu, tanpa mempertimbangkan perubahan atau perkembangan sepanjang waktu. Baca Juga Nasa
    • Pemahaman Kontemporer: Dalam pendekatan ini, fenomena di pahami dalam konteks kondisi saat ini tanpa memperhatikan sejarah atau evolusi yang mungkin telah terjadi. Baca Juga Sumber Berita Terpercaya
    • Contoh: Analisis sinkronis mungkin melibatkan penelitian tentang struktur bahasa tertentu pada suatu komunitas pada suatu waktu tertentu, tanpa mempertimbangkan bagaimana bahasa itu telah berkembang dari waktu ke waktu.
  2. Diakronis:

    • Definisi: Pendekatan diakronis mempertimbangkan perkembangan fenomena dari waktu ke waktu, dan menganalisis perubahan dan evolusi yang terjadi.
    • Pemahaman Historis: Dalam pendekatan ini, fenomena di pahami dalam konteks sejarah, dan perubahan atau transformasi dari waktu ke waktu di pertimbangkan secara penting.
    • Contoh: Analisis diakronis mungkin memeriksa bagaimana struktur bahasa telah berkembang dari satu periode ke periode lain, mengidentifikasi perubahan fonologis, morfologis, atau sintaksis yang terjadi.

Jadi, perbedaan utama antara cara berpikir sinkronis dan diakronis terletak pada fokus analisis: sinkronis pada kondisi saat ini, sementara diakronis pada perubahan dan evolusi sepanjang waktu.

By Wangseo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *