• Sen. Apr 15th, 2024

Peristiwa Reunifikasi Jerman

ByWangseo

Feb 21, 2024

jalurofstrong34.com – Peristiwa Reunifikasi Jerman adalah proses penggabungan kembali Jerman Timur (Jerman Democratic Republic/Deutsche Demokratische Republik, DDR) dengan Jerman Barat (Federal Republic of Germany/Bundesrepublik Deutschland, FRG) pada tahun 1990. Ini terjadi setelah jatuhnya Tembok Berlin pada tahun 1989 dan merupakan bagian dari perubahan politik yang terjadi di Eropa Timur, termasuk Revolusi Beludru.

Berikut adalah beberapa poin kunci tentang Peristiwa Reunifikasi Jerman :

  1. Jatuhnya Tembok Berlin:

    Pada 9 November 1989, pemerintah Jerman Timur mengumumkan bahwa warga negara Jerman Timur dapat bebas melakukan perjalanan ke Jerman Barat. Pengumuman ini memicu perayaan besar-besaran di seluruh Berlin dan menyebabkan ribuan orang Jerman Timur melintasi perbatasan menuju Berlin Barat. Baca Juga Ilmu Pengetahuan

  2. Negosiasi dan juga Perundingan:

    Setelah jatuhnya Tembok Berlin, mulai terjadi negosiasi antara pemerintah Jerman Timur, pemerintah Jerman Barat, dan pihak-pihak lainnya tentang proses reunifikasi. Para pemimpin Jerman Timur dan Jerman Barat, bersama dengan negara-negara tetangga dan Sekutu Pemenang Perang Dunia II, menegosiasikan persyaratan reunifikasi. Baca Juga Macam Macam Berita Saat Ini

  3. Perjanjian Dua Plus Empat:

    Pada tahun 1990, perjanjian “Dua Plus Empat” di tandatangani oleh Jerman Barat, Jerman Timur, Amerika Serikat, Uni Soviet, Inggris, dan Prancis. Perjanjian ini mengatur persyaratan reunifikasi Jerman dan menyetujui kedaulatan penuh bagi Jerman sebagai sebuah negara.

  4. Reunifikasi Resmi:

    Pada 3 Oktober 1990, Jerman Timur secara resmi bergabung kembali dengan Jerman Barat, membentuk Republik Federal Jerman yang terpadu. Peristiwa ini di tandai dengan perayaan besar-besaran di Berlin dan kota-kota lain di seluruh Jerman.

  5. Proses Integrasi:

    Setelah reunifikasi, Jerman menghadapi banyak tantangan, termasuk integrasi ekonomi, sosial, dan politik antara bekas Jerman Timur dan Jerman Barat. Proses ini termasuk penyatuan mata uang, pensiun sistem, sistem pendidikan, dan administrasi pemerintahan.

Reunifikasi Jerman adalah peristiwa sejarah yang penting dan mengesankan, menandai akhir dari perpecahan Jerman pasca-Perang Dunia II dan kembalinya negara tersebut sebagai entitas tunggal di tengah Eropa yang berubah.

By Wangseo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *