• Sen. Apr 15th, 2024

Sejarah Perang Dunia Pertama dan Kedua

ByWangseo

Feb 18, 2024

jalurofstrong34.com – Berikut adalah ringkasan singkat tentang Sejarah Perang Dunia Pertama dan Kedua :

Perang Dunia Pertama (1914-1918):

  1. Pemicu: Pemicu utama PD1 adalah pembunuhan Archduke Franz Ferdinand dari Austria-Hungaria pada 28 Juni 1914 di Sarajevo oleh seorang nasionalis Serbia. Peristiwa ini memicu serangkaian peristiwa yang menyebabkan pecahnya perang. Baca Juga Ilmu Pengetahuan Sosial
  2. Aliansi: Konflik melibatkan dua blok utama: Sekutu (Prancis, Britania Raya, Rusia, Italia, AS, dan lain-lain) melawan Central Powers (Jerman, Austria-Hungaria, dan Kesultanan Utsmaniyah).
  3. Front Barat: Pertempuran utama terjadi di Front Barat, di mana kedua belah pihak bertempur di parit-parit selama bertahun-tahun dengan sedikit perubahan wilayah.
  4. Pertempuran Penting: Pertempuran-pertempuran seperti Pertempuran Somme, Verdun, dan Marne menjadi terkenal karena kebrutalannya dan jumlah korban yang besar.
  5. Akhir Perang: Perang berakhir pada 11 November 1918 dengan ditandatanganinya Perjanjian Versailles, yang memberikan kemenangan kepada Sekutu. Perjanjian ini menetapkan persyaratan pemulihan dan pembayaran perang yang besar bagi negara-negara yang kalah, khususnya Jerman.

Perang Dunia Kedua (1939-1945):

  1. Pemicu: Pemicu PD2 adalah invasi Jerman ke Polandia pada 1 September 1939. Sebagai tanggapan, Britania Raya dan Prancis menyatakan perang terhadap Jerman. Baca Juga Berita Dan Fakta Dunia
  2. Aliansi: Dua blok utama adalah Sekutu (Britania Raya, Prancis, Uni Soviet, AS, dan lain-lain) melawan Axis Powers (Jerman, Italia, Jepang, dan lain-lain).
  3. Ekspansi Jerman: Pada awal perang, Jerman merebut sebagian besar Eropa, termasuk Prancis, dan memulai kampanye di Afrika dan Uni Soviet.
  4. Jepang dan Perang Pasifik: Jepang menyerang Pearl Harbor pada 7 Desember 1941, memasukkan AS ke dalam perang. Perang Pasifik terjadi di seluruh wilayah Pasifik.
  5. Holokaus: Pada masa ini, Nazi Jerman melaksanakan Holocaust, pembunuhan massal terhadap enam juta orang Yahudi dan jutaan orang lainnya yang dianggap tidak diinginkan.
  6. Akhir Perang: Perang berakhir pada 2 September 1945 setelah Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki di Jepang. Jepang menyerah, dan perang dunia kedua berakhir.

Sejarah Perang Dunia Pertama dan Kedua ini memiliki dampak besar terhadap politik, ekonomi, dan sosial dunia, serta membentuk pembagian kekuatan dunia pasca-perang. Pasca Perang Dunia Kedua, terbentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mencegah terjadinya konflik berskala besar yang serupa.

By Wangseo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *