• Sab. Apr 13th, 2024

Serangan Teroris yang Mengubah Dunia Tragedi 9/11

jalurofstrong34.com – Serangan Teroris yang Mengubah Dunia Tragedi 9/11 memengaruhi dunia secara luas adalah serangan teroris 11 September 2001, yang di kenal sebagai Tragedi 9/11. Pada pagi hari tanggal 11 September 2001, sebelas anggota kelompok teroris Al-Qaeda menculik empat pesawat penumpang sipil. Mereka menabrakkan dua pesawat ke Menara Kembar World Trade Center di New York City dan satu pesawat ke Pentagon di Arlington, Virginia. Pesawat keempat, setelah di perjuangkan oleh penumpang yang memberontak, jatuh di sebuah lapangan di Pennsylvania. Serangan ini menyebabkan lebih dari 3.000 orang tewas dan ribuan lainnya terluka.

Serangan 9/11 memiliki dampak yang sangat besar pada dunia dan merubah lanskap politik, keamanan, dan kebijakan di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa dampak utama dari Serangan Teroris yang Mengubah Dunia Tragedi 9/11 :

  1. Perang Global Melawan Terorisme:

    Serangan 9/11 memicu perang global melawan terorisme, yang di pimpin oleh Amerika Serikat dengan koalisi internasional. Perang ini melibatkan operasi militer dan intelijen di berbagai belahan dunia untuk memerangi kelompok teroris, khususnya Al-Qaeda dan jaringan teroris lainnya. Baca Juga Sejarah Suku Di Indonesia

  2. Peningkatan Keamanan:

    Serangan 9/11 mendorong peningkatan keamanan di seluruh dunia, terutama dalam transportasi udara dan infrastruktur kunci lainnya. Berbagai negara mengadopsi langkah-langkah keamanan yang lebih ketat, seperti pemeriksaan ketat di bandara dan peningkatan pengawasan keamanan. Baca Juga Berita Terupdate Hari Ini

  3. Perubahan Kebijakan Luar Negeri:

    Serangan 9/11 mengubah kebijakan luar negeri banyak negara, terutama Amerika Serikat, yang lebih fokus pada kebijakan keamanan nasional dan penanggulangan ancaman terorisme global. Serangan ini juga menjadi alasan bagi intervensi militer di Afghanistan dan Irak oleh Amerika Serikat.

  4. Peningkatan Sentimen Anti-Muslim:

    Serangan 9/11 memicu peningkatan sentimen anti-Muslim dan Islamofobia di seluruh dunia. Warga Muslim dan orang-orang yang di anggap terkait dengan Islam sering menjadi sasaran diskriminasi, kekerasan, dan profil rasial.

  5. Pembentukan Badan Intelijen dan Keamanan Baru:

    Serangan 9/11 mendorong pembentukan badan intelijen dan keamanan baru, seperti Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat (Department of Homeland Security) dan National Counterterrorism Center, untuk memperkuat pertahanan dan pengawasan terhadap ancaman terorisme.

Serangan 9/11 tidak hanya merupakan tragedi besar bagi keluarga korban dan negara-negara yang terkena dampaknya, tetapi juga memiliki dampak yang mendalam pada sejarah dan politik global. Dampaknya masih terasa hingga saat ini, dan serangan ini sering di anggap sebagai titik balik penting dalam sejarah modern.

By Wangseo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *