• Kam. Okt 17th, 2024

Sejarah Dunia Masehi

ByWangseo

Jul 12, 2024

jalurofstrong34.com – Sejarah Dunia Masehi, juga dikenal sebagai Sejarah Dunia Era Kristiani atau Era Kekristenan, merupakan periode dalam sejarah dunia yang dimulai sejak kelahiran Yesus Kristus. Periode ini penting karena banyak peristiwa bersejarah dan perkembangan signifikan dalam budaya, agama, politik, dan peradaban manusia terjadi selama lebih dari dua ribu tahun. Mari kita eksplorasi perkembangan penting dalam Sejarah Dunia Masehi.

Awal Masehi dan Kekristenan Pertama

Sejarah Dunia Masehi di mulai sekitar 2.000 tahun yang lalu, pada saat kelahiran Yesus Kristus di Bethlehem, Yudea (sekarang Israel). Peristiwa ini menjadi titik awal bagi Kekristenan, agama yang di dasarkan pada ajaran Yesus Kristus yang tercatat dalam Perjanjian Baru Alkitab Kristen. Kekristenan tumbuh pesat di bawah ajaran para rasul seperti Petrus dan Paulus, menyebar dari Timur Tengah ke seluruh Kekaisaran Romawi.

Kekaisaran Romawi dan Pembagian Kekristenan

Kekristenan menghadapi penganiayaan di bawah kekaisaran Romawi. Sampai Kaisar Konstantinus I mengeluarkan Edict of Milan pada tahun 313 M, yang melegalkan Kekristenan. Konstantinus kemudian memindahkan ibu kota Kekaisaran Romawi dari Roma ke Byzantium, yang kemudian di kenal sebagai Konstantinopel (sekarang Istanbul). Pada tahun 380 M, Kekristenan menjadi agama resmi Kekaisaran Romawi berkat Edict of Thessalonica yang di keluarkan oleh Kaisar Theodosius I. Baca juga sub artikel Berita Hangat Casino

Zaman Pertengahan dan Pengaruh Kekristenan

Pada Abad Pertengahan (500-1500 M), Kekristenan menjadi pilar utama dalam pembentukan budaya Eropa. Dan selama masa ini terjadi Pertempuran Tours (732 M) yang menghentikan perluasan Islam di Eropa. Selain itu, pada tahun 1054 M terjadi Skisma Besar antara Gereja Katolik di Roma dan Gereja Ortodoks di Konstantinopel, membagi Kekristenan menjadi Katolik Roma dan Ortodoks Timur.

Renaisans, Reformasi, dan Era Modern

Pada Abad Renaisans (14-17 M), kebangkitan ilmiah dan kemanusiaan di Eropa di tandai dengan gerakan-gerakan seperti Reformasi Protestan yang di mulai pada tahun 1517 oleh Martin Luther, menggugat praktik Gereja Katolik Roma yang berlebihan dan menyebabkan pecahnya Kekristenan Barat menjadi berbagai denominasi Protestan.

Zaman Pencerahan dan Perkembangan Global

Pada Abad Pencerahan (17-18 M), pemikiran ilmiah dan filsafat sekuler mengubah landskap Eropa dan dunia. Revolusi Industri pada abad ke-18 dan ke-19 mempercepat modernisasi global dan perubahan sosial yang mendalam. Pada abad ke-20, Perang Dunia I dan II serta peristiwa-peristiwa seperti Revolusi Rusia (1917) dan Perang Dingin (1947-1991) mempengaruhi politik global dan perkembangan sosial di seluruh dunia.

Era Kontemporer dan Globalisasi

Abad ke-21 menandai era globalisasi, di mana teknologi informasi dan komunikasi mengubah cara manusia berinteraksi dan bekerja di seluruh dunia. Konflik antar-negara dan isu-isu global seperti perubahan iklim, perdagangan global, dan hak asasi manusia menjadi fokus utama perhatian internasional.

Sejarah Dunia Masehi adalah cermin dari kompleksitas peradaban manusia dan evolusi budaya, agama, dan politik dari zaman kuno hingga masa kontemporer. Periode ini tidak hanya melihat perkembangan Kekristenan tetapi juga perubahan mendalam dalam masyarakat manusia yang terus berlanjut hingga saat ini.

By Wangseo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *