• Ming. Jul 14th, 2024

Berikut Ini Fungsi Asli dan Turunan Uang

ByWangseo

Feb 13, 2024

jalurofstrong34.com – Uang memiliki Berikut Ini Fungsi Asli dan Turunan Uang yang menjadi dasar keberadaannya dalam sistem ekonomi modern. Fungsi-fungsi utama uang ini kemudian mempengaruhi terbentuknya fungsi turunan. Berikut Ini Fungsi Asli dan Turunan Uang :

Fungsi Asli Uang:

  1. Media Tukar: Fungsi utama uang adalah sebagai alat tukar yang di terima secara luas dalam pertukaran barang dan jasa. Dengan uang, individu dapat melakukan transaksi perdagangan tanpa perlu melakukan barter. Baca Juga Nasa
  2. Penyimpan Nilai: Uang berfungsi sebagai alat penyimpan nilai, yang berarti nilai ekonomi dari uang ini tidak cepat mengalami penurunan. Dengan demikian, uang dapat di simpan dan di gunakan di masa depan untuk melakukan pembelian atau investasi. Baca Juga Beraneka Ragam Berita
  3. Standar Harga: Uang memberikan standar yang umum di terima untuk menilai dan membandingkan nilai barang dan jasa. Dengan adanya uang, individu dapat dengan mudah mengetahui harga relatif dari berbagai barang dan jasa.

Fungsi Turunan Uang:

  1. Satuan Akun: Uang juga berfungsi sebagai satuan akun atau unit pengukuran untuk menyatakan harga dan nilai aset, utang, pendapatan, dan kekayaan. Ini memungkinkan perhitungan yang mudah dan efisien dalam aktivitas ekonomi dan keuangan.
  2. Alat Pembayaran: Fungsi uang sebagai alat pembayaran memungkinkan individu untuk melunasi kewajiban pembayaran mereka dengan menggunakan uang tunai, cek, kartu kredit, atau bentuk pembayaran elektronik lainnya.
  3. Alat Kehutanan: Uang juga berfungsi sebagai alat keuangan yang memungkinkan individu dan perusahaan untuk melakukan investasi, pinjaman, dan kegiatan keuangan lainnya.
  4. Alat Pengendalian: Pemerintah menggunakan kebijakan moneter untuk mengendalikan jumlah uang beredar dalam perekonomian, yang pada gilirannya memengaruhi tingkat inflasi, tingkat suku bunga, dan stabilitas ekonomi secara keseluruhan.
  5. Alat Transfer: Uang memungkinkan transfer kekayaan dan pembayaran antara individu, perusahaan, dan negara secara cepat dan efisien, baik dalam skala lokal maupun internasional.

By Wangseo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *