• Ming. Jul 14th, 2024

Alasan Abad Pertengahan di sebut Abad Kegelapan

ByWangseo

Feb 10, 2024

jalurofstrong34.com – Alasan Abad Pertengahan di sebut Abad Kegelapan untuk merujuk pada Abad Pertengahan adalah sebuah konsepsi yang kontroversial dan tidak selalu sepenuhnya akurat. Istilah tersebut muncul pada Abad Pencerahan (abad ke-18), ketika para intelektual pada zaman tersebut melihat masa Abad Pertengahan sebagai periode yang gelap dan terbelakang dalam hal kemajuan ilmiah, budaya, dan sosial.

Beberapa Alasan Abad Pertengahan di sebut Abad Kegelapan adalah:

  1. Keterbatasan Pengetahuan:

    Pada Abad Pertengahan, kemajuan ilmiah dan pemikiran filsafat cenderung lambat. Banyak pengetahuan klasik Yunani dan Romawi kuno yang hilang atau tidak tersedia bagi masyarakat umum. Perpustakaan dan universitas jarang, dan akses ke literatur ilmiah dan filsafat terbatas. Baca Juga Ilmu Pengetahuan Sosial

  2. Kondisi Sosial-Politik:

    Masyarakat Eropa pada masa itu sering kali di landa perang, penyakit, dan kekacauan politik, seperti Perang Salib dan epidemi Black Death. Hal ini menyebabkan kemunduran ekonomi, sosial, dan intelektual di beberapa daerah. Baca Juga Sumber Berita Terpercaya

  3. Dominasi Gereja:

    Kekuasaan Gereja Katolik Roma yang dominan pada masa tersebut di anggap membatasi kebebasan berpikir dan mencegah perkembangan ilmiah. Doktrin-doktrin gereja sering kali mendominasi pemikiran dan pandangan dunia masyarakat.

Alasan Abad Pertengahan di sebut Abad Kegelapan, pandangan ini telah di sesatkan dalam beberapa aspek. Meskipun ada kekacauan dan keterbatasan pada masa itu, Abad Pertengahan juga merupakan periode yang penting dalam perkembangan seni, arsitektur, dan filsafat. Banyak inovasi teknologi seperti mesin air, pabrik tekstil, dan sistem pertanian yang maju berkembang selama periode ini. Selain itu, Abad Pertengahan juga menyaksikan kelahiran universitas-universitas awal dan berkembangnya pemikiran teologis dan filosofis yang signifikan.

Oleh karena itu, sementara istilah “Abad Kegelapan” mungkin merujuk pada beberapa aspek ketidakmajuan pada masa itu, penting untuk tidak menggeneralisasi seluruh periode sebagai gelap dan terbelakang secara keseluruhan.

By Wangseo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *