• Ming. Jul 14th, 2024

Menipisnya Lapisan Ozon Di Bumi

jalurofstrong34.com – Menipisnya Lapisan Ozon Di Bumi adalah fenomena yang juga telah menjadi perhatian global sejak pertengahan abad ke-20. Lapisan ozon adalah lapisan gas ozon (O3) yang juga terletak di stratosfer Bumi dan berfungsi untuk menyerap sebagian besar radiasi ultraviolet (UV) berbahaya dari Matahari.

Berikut adalah beberapa faktor yang juga menyebabkan Menipisnya Lapisan Ozon Di Bumi :

  1. Penggunaan Senyawa Kimia yang juga Merusak Ozon:

    Senyawa-senyawa kimia seperti CFC dan halon, yang banyak di gunakan dalam berbagai aplikasi industri dan konsumen, di lepaskan ke atmosfer. Baca Juga Sejarah Dunia

  2. Pola Udara dan Cuaca:

    Pola udara dan cuaca di atmosfer Bumi juga memainkan peran dalam penipisan lapisan ozon. Misalnya, pola angin dan kondisi cuaca tertentu dapat mempercepat penyebaran senyawa-senyawa kimia merusak ozon ke seluruh dunia. Baca Juga Olahraga Extreme

  3. Peningkatan Radiasi Ultraviolet:

    Penipisan lapisan ozon meningkatkan paparan radiasi ultraviolet (UV) berbahaya dari Matahari ke permukaan Bumi. Paparan UV berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kanker kulit, katarak, dan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Upaya global telah di lakukan untuk mengatasi penipisan lapisan ozon, termasuk dengan menetapkan Perjanjian Montreal pada tahun 1987, yang melarang penggunaan senyawa-senyawa kimia merusak ozon. Hasilnya, penurunan drastis dalam produksi dan penggunaan senyawa-senyawa tersebut telah terjadi, dan penipisan lapisan ozon telah melambat atau bahkan mulai pulih di beberapa wilayah.

By Wangseo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *